Koleksi Ayam Bangkok

Cari artikel disini.

please wait for search box

Selasa, 18 Januari 2011

Utamanya menjadi seorang MUADZIN

Keutamaan mengumandangkan ADZAN

Muadzin adalah orang yang beradzan guna memanggil orang lain untuk melaksanakan shalat berjama’ah di masjid. Menjadi muadzin tentu bagi seorang yang memiliki keimanan yang kuat adalah sangat didamba dan sangat berlomba guna mendapatkan jatah adzan. Sebenarnya apa sih keutamaan beradzan di masjid sehingga banyak orang-orang shalih yang berlomba-lomba melakukan hal ini ?
Ya, jawabannya mudah saja, karena seperti yang kita ketahui bahwa pahala menjadi mu’adzin itu sangat besar, lihat dan bacalah hadits berikut ini :
Seorang muazin diampuni sepanjang suaranya dan
pahalanya bagaikan pahala orang yang shalat
bersamanya(Shahih Jami).
Ini menjelaskan betapa utamanya menjadi seorang mu’adzin.Yaitu mendapat ampunan sepanjang suaranya terdengar dan juga yang tidak kalah pentingnya yaitu tentang pahalanya bagaikan pahala orang yang shalat bersamanya. Maksudnya adalah bahwa adzan adalah menyuruh kepada kebaikan, ingatlah bahwa siapa yang menyuruh kepada kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala sama seperti orang yang disuruh melakukan kebaikan tersebut tanpa mengurangi pahala sedikit pun. Semisal, ketika kita shalat shubuh kita adzan di masjid dekat rumah kita, akhirnya ada 30 orang yang datang, kita mendapat pahala shalat dari 30 orang tersebut, ya jadi kira-kira kita secara tidak langsung mendapatkan pahala ( 30 x 2 ) = 60 raka’at shalat shubuh dan pahala 2 raka’at shalat shubuh dari shalat shubuh kita sendiri, jadi dari adzan yang hanya 2 – 4 menit saja, pahalanya banyak dan agung.

Maka itu mau dapat pahala jutaan raka’at shalat shubuh secara tidak langsung ? Adzan saja di masjidil haram saat musim haji, karena diperkirakan ada sekitar 3.000.000 jama’ah haji setiap tahun yang ke sana.

Dan jangan juga lupa menyebarkan artikel da’wah ini dimana pun, baik diprint out lalu di tempel di mading sekolah, masjid, komplek, atau kantor atau pun universitas supaya pahala kita bertambah banyak. Siapa tahu dari tulisan ini yang sederhana bisa membuat kita dapat pahala shalat ribuan bahkan jutaan rakaat secara tidak langsung per harinya, Subhanallaah.
Wallaahua’lam bis shawab.

4 komentar:

Bagaimana klo kita sdh sering adzan tapi orang2 tetap enggan untuk dtg kemesjid ?,seprti di tmpt tinggalku,walopun sdh adzan tetap sj yg dtg cuma 3 atau 4 org sj.

bagaimana kalau adzan yg dkumandangkan oleh muadzin tersebut salah mengucapkan,seharusnya kan saat subuh itu asalaatukhairum minannawum,2X tetapi mengumandangkan bacaan hayyaalal shalathh..2X dan hayyaalal falahh..2X, itu bagaimana gan,mohon dijawab ya gan ^,^

menjadi muadzin juga harus tau tentang jam adzan karena mereka harus tau kapan dan batas waktu adzan, itulah pahala muadzin sangat besar, terimakasih artikelnya sangat bagus :)

Posting Komentar

Silahkan komentar jika anda menyukai atau merasa ingin mengkritik blog ini atau ada beberapa postingan kami yang bermasalah...
(Ingat Pikirkan kembali kata kata komentar anda, jangan sampai menyinggung pihak lain, atau terdapat unsur negatif , terimakasih)

Berlangganan

ayo berlangganan FREE atikel dari islami qolbu ke web anda :
copy-paste code ini :

versi tampilan daftar isi

versi Tampilan Animasi/Dinamis

Tampilannya Seperti Ini :

ISLAMI QOLBU

↑ Grab this Headline Animator

Kunjungi juga

Jago Bangkok Juara.. Here


Google

Sweety Moment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More