Koleksi Ayam Bangkok

Cari artikel disini.

please wait for search box

Kamis, 17 Februari 2011

Hukum Memberi dan Menjawab Salam

Hukum memulai dan menjawab salam



Satu dari sekian banyak hak sesama muslim adalah menyampaikan salam. Salam adalah sebuah ucapan yang mana mengandung kebaikan di dalamnya, mendatangkan kecintaan dan melapangkan dada (membuat tenang) bagi seorang muslim yang mendengarnya. Betapa banyak orang yang mengucapkan salam kepada saudaranya entah itu secara langsung atau lewat telepon atau surat atau SMS hingga mereka saling mencintai, saling mengasihi dan saling berkasih sayang. Mereka berbuat demikian hanya karena ikhlas kepada Alloh ta’ala dan mempunyai tujuan yang baik yaitu untuk mendoakan saudaranya. Contohnya seperti salam yang telah kita kenal yaitu “Assalamu’alaikum warrohmatullohi wa barakatuh” atau yang artinya salam sejahtera bagi anda sekalian dan semoga Alloh merahmati dan memberkahi atasnya.

Sungguh indah ucapan salam ini, tiada salam yang indah yang pantas diucapkan melainkan salam ini dan akan menjadi lebih indah jika salam ini selalu tersebar dan diucapkan ketika anda bertemu dengan saudara seagama anda entah itu di kampus atau di masjid atau di rumah atau di tempat-tempat lain yang anda boleh untuk memulai salam. Dan tentunya, untuk penerapan salam di zaman sekarang haruslah melihat kondisi dan situasi serta kemaslahatan (kemanfaatan) bagi orang yang ingin anda salami. Sebagai contoh:

1. Janganlah anda mengucapkan salam ketika sahabat anda berada di WC karena WC adalah tempat kotor yang tidak pantas bagi seorang muslim untuk bercakap-cakap di dalamnya apalagi memulai dan membalas salam. Sebagaimana yang dikatakan Ibnul Qoyyim dalam kitab Zadul Ma’adnya bahwa Alloh ta’ala membenci percakapan dalam WC atau kamar mandi.

2. Janganlah anda mengucapkan salam ketika sahabat anda sedang makan dengan lahapnya karena bisa jadi ketika dia membalas salam anda akan membahayakan dirinya karena dikhawatirkan dia akan tersendak oleh makanannya. Sebagaimana dikatakan oleh sebagian ahli kesehatan, bahwa manusia itu dilarang berbicara ketika makan karena akan membahayakan dirinya.

3. Janganlah anda mengucapkan salam ketika teman anda sedang tidur karena bisa jadi perbuatan anda malah mengganggu tidurnya. Dan contoh-contoh yang lain yang mana anda tidak dianjurkan untuk mengucapkan salam karena adanya pertimbangan tertentu.



Dari sedikit penjelasan ini, anda bisa jadi bertanya “Jadi hukum memulai salam itu apa?” maka bisa dijawab “Sebagian ulama menjelaskan (semisal Syaikh Utsaimin dalam kitab Syarah Riyadhus Sholihin) bahwa hukum memulai salam itu sunnah artinya sebuah perintah atau anjuran yang mengandung keutamaan namun tidak mencapai tingkat wajib. Maksudnya, anda memulainya tidak mengapa ketika anda melihat adanya kemaslahatan dan ini lebih utama. Contohnya, ketika anda menerima atau mengangkat telepon dari seseorang atau ketika anda ingin berbicara di telepon dengan seseorang semisal orang tua anda atau dosen anda atau mertua anda atau teman anda. Namun, anda tidak memulainya juga tidak mengapa jika memang kemaslahatannya demikian seperti tiga contoh di atas”.

Kemudian, “Bagaimana dengan hukum menjawab salam tsb?” maka jawabnya “Menjawab salam hukumnya fardhu kifayah maksudnya ketika ada satu atau beberapa orang menjawabnya maka kewajiban orang lain yang berada dalam majelis atau perkumpulan tsb menjadi gugur dan hukum ini berlaku jika seseorang mengucapkan salam kepada orang banyak. Semisal, ketika dosen anda mengucapkan salam di dalam kelas dan seandainya waktu itu hanya ada 1 orang yang menjawabnya maka hal itu sudah mencukupi maksudnya seluruh kewajiban menjawab salam dari 99 orang lainnya telah gugur (semisal dalam kelas anda ada 100 orang). Akan tetapi hukum ini bisa berubah menjadi fardhu ‘ain.”

Kemudian seseorang bertanya “Lho kenapa bisa begitu? Bukankah tadi dikatakan fardhu kifayah?” maka jawabnya ”sebagaimana yang harus anda ketahui, bahwa hukum fardhu kifayah ini berlaku jika ada seseorang mengucapkan salam kepada orang banyak dalam sebuah majelis semisal dalam kelas atau diskusi atau tutorial dan sebagian orang di majelis itu telah menjawabnya sekalipun hanya 1 orang. Sedangkan, hukum fardhu ‘ain ini berlaku ketika ada seseorang mengucapkan salam secara pribadi kepada anda artinya dia mengucapkan salam memang untuk anda dan memang ketika itu hanya anda yang ada di tempat tsb dan orang td memang mengkhususkan salam tsb hanya untuk anda maka fardhu ‘ain bagi anda untuk menjawabnya. Semisal, ketika anda sedang berdiri sendirian di depan kelas kemudian ada teman anda yang mengucapkan salam seraya menjabat tangan anda maka wajib bagi anda untuk membalas salamnya dan tidak halal (haram) untuk mendiamkannya”.



Kesimpulannya:

1. Hukum memulai salam secara umum adalah sunnah. Meskipun hukumnya sunnah akan tetapi anda sangat ditekankan untuk mengucapkan salam kepada orang lain yang muslim ketika hendak memulai sebuah pembicaraan sebagaimana beliau Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda “Apabila engkau menjumpainya engkau berikan salam kepadanya” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

2. Hukum menjawab salam adalah fardhu kifayah akan tetapi dalam kondisi tertentu hukumnya bisa menjadi fardhu ‘ain seperti dalam contoh diatas.

3. Ucapan salam ini bisa mendatangkan kecintaan bagi saudara anda yang muslim sebagaimana beliau Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:”Maukah kamu aku kutunjukkan kepada sesuatu yang apabila kamu lakukan kamu akan saling mencintai? Yaitu sebarkanlah salam di antara kamu” (HR. Muslim).

4. Mengucapkan salam adalah satu dari sekian banyak penyebab seseorang bisa masuk surga. Beliau Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:”Wahai manusia, sebarkanlah ucapan salam, hubungkanlah tali kekerabatan, berilah makanan, dan sholatlah pada waktu malam ketika orang-orang tengah tertidur, engkau akan masuk surga dengan selamat” (HR. Muslim).

5. Dan yang terakhir, ternyata ada perbuatan yang sunnah yang lebih mulia daripada perbuatan fardhu atau wajib yaitu memulai salam karena pendahuluan sesuatu terhadap sesuatu yang lain itu menandakan bahwa sesuatu tsb memiliki keutamaan. Padahal kita telah tahu, bahwa perbuatan fardhu itu lebih utama daripada perbuatan sunnah seperti sholat fardhu itu lebih utama daripada sholat sunnah, puasa fardhu itu (Semisal puasa ramadhan) lebih utama daripada puasa sunnah dan contoh ini adalah dua dari sekian banyak contoh yang menarik. Bahkan ada sholat sunnah akan tetapi hukumnya wajib karena adanya sebab tertentu. Anda penasaran?? Maka bersabarlah untuk menunggu artikel selanjutnya.

6 komentar:

assalamu'alaikum.
maaf, bolehkah saya bertanya.
bagaimana jika kasusnya adalah saya mengirim sms kepada sekelompok orang (isi sms sama) dengan membubuhkan kata "assalamu'alaikum" di awal sms. Apakah hukum yang disebutkan di atas (fadhu kifayah) itu bisa berlaku juga? atau bagaimana?

mohon penjelasannya.

termikasih atas pertanyaanya..
.
pertama2 sms merupakan sebuah kemajua teknologi jaman milenium.
dan hukum menjawab salam dalam bentuk apapun harus kita jawab, walaupun hanya di dalam hati, jadi ucapan salam yang berasal dari hati juga kita balas dengan semampu kita..

Maaf Kebanyakan masyarakat sekarang mengabaikan sAlam dari sms, apa sms tanpa mendahului salam lebih baik?

betul sekali yang di katakan mba latifa..
jika memang kita tahu bahwa nanti salam akan di abaikan, lebih baik pakai sapaan saja..
tapi kalau kita yakin dia pasti membalasnya, walau di hati, itu sah sah saja
thanks

they are also named as the Swiss watches. Perhaps you work
in the business environment where the appearance of power and success is all important.
The more careful you are, the longer your crystal will last.
Here is my web-site ; casio g-shock

untuk yang ada di dalam wc mungkin lebih baik dengan ketuk pintu dan langsung tanya ada yang di dalam atau tidak betul gak gan?

Poskan Komentar

Silahkan komentar jika anda menyukai atau merasa ingin mengkritik blog ini atau ada beberapa postingan kami yang bermasalah...
(Ingat Pikirkan kembali kata kata komentar anda, jangan sampai menyinggung pihak lain, atau terdapat unsur negatif , terimakasih)

Sport News

Loading...

Berlangganan

ayo berlangganan FREE atikel dari islami qolbu ke web anda :
copy-paste code ini :

versi tampilan daftar isi

versi Tampilan Animasi/Dinamis

Tampilannya Seperti Ini :

ISLAMI QOLBU

↑ Grab this Headline Animator

Kunjungi juga

Jago Bangkok Juara.. Here


Google

Sweety Moment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More